Corona Virus adalah Nation Threat

sharianomics.comCorona virus, apakah masuk kategori ancaman atau bukan? Iya, bahkan bisa jadi bukan sekedar ancaman kesehatan biasa, tetapi ancaman nasional atau nation threat.

Dampak Masif Corona Virus

Hal tersebut berdasarkan saran dari WHO untuk membuat tindakan di Indonesia sebagai bencana kategori 4 atau darurat (state emergency) yang bisa membuat beberapa daerah melakukan lock down. Namun, beberapa pejabat daerah tidak merespon dengna baik saran terssebut, sehingga pada akhirnya mengalami ketar-ketir.

Beberapa alasan menjadi sebab atas respon yang lambat dari pejabat tersebut, seperti ekonomi yang bisa lumpuh, beban anggaran pengadaan bahan pangan, cadangan energi, persediaan obat-obatan dan sarana medis, juga kesiapan dari masyarakat setempat.

Jika dilihat dari dampak secara luas, corona virus tidak hanya menjadi ancaman kesehatan, tapi efek menjalarnya bisa masif berskala nasional terutama dalam bidang ekonomi yang sekarang sangat terasa. Beberapa daerah telah membatasi ruang gerak ekonomi dan sosialnya. Bahkan, Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

Pendekatan Ancaman Nasional 

Dengan kondisi demikian, serta beberapa kasus yang terjadi di negara lain, kita bisa belajar dari Korea Selatan, Vietnam, dan Arab Saudi dalam menangani corona virus di mana ketiga negara tersebut sama-sama melakukan pendekatan ancaman nasional dengan militer dan intelejen mengambil alih fungsi dalam operasi kesehatan, pertahanan, serta distribusi pangan.

Saat ini, pendekatan yang dilakukan oleh pemerintah adalah “darurat sipil” dengan strategi “social distancing“, dan masih belum menunjukkan hasil yang efektif. Persebaran yang terjangkit masih sangat tinggi meskipun angka kesembuhan meningkat melewati angka kematian sesuai data dari pemeirntah.

Korea Selatan, Vietnam, dan Arab Saudi berhasil menangani penyebaran dari virus tersebut seperti yang dilakukan oleh Cina me-lock down kota Wuhan dan membatasi Provinsi Hubei, dan hasilnya kurang dari sebulan penyebaran covid19 bisa dikendalikan.

Tinggalkan Balasan